Jumat, 14 Januari 2011

CANDI PRAMBANAN

Candi Prambanan adalah mahakarya kebudayaan Hindu dari abad ke-10. Bangunannya yang langsing dan menjulang setinggi 47 meter membuat kecantikan arsitekturnya tak tertandingi.
Candi Prambanan terletak di Desa Prambanan, yang wilayahnya dibagi antara Kabupaten Sleman dan Klaten, kurang lebih 20 KM kearah timur dari kota Yogyakarta, 40 KM barat Surakarta, dan 120 KM selatan dari kota Semarang, persis diperbatasan antara propinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.Prambanan, Candi Hindu Tercantik di DuniaKompleks bangunan Candi Prambanan terdiri dari 3 candi utama berketinggian 47 meter. Yaitu Candi Siwa, Candi Brahma, dan Candi Wisnu (lambang trimurti dalam kepercayaan Hindu). Tepatnya di sebelah utara jalan raya Jogja – Solo, sehingga transportasi disana sangat mudah untuk dijangkau.
Dalam kompleks Candi Prambanan juga didukung fasilitas Museum Arkeologi, Audio Visual, Wartel, Warnet, Hotel, restoran, toko-toko cinderamata, Teman Bermain, dan sebagainya. Sehingga sangat wajar kalau kompleks Candi Prambanan ini merupakan kekayaan arkeologi dunia yang menjadi salah satu tujuan pariwisata.Candi yang sejak tahun 1991 ditetapkan UNESCO sebagai cagar budaya dunia (World Wonder Heritage) ini menempati kompleks seluas 39,8 hektar, menjulang setinggi 5 meter, bahkan lebih tinggi dari candi Borobudur, dan kelihatan perkasa serta kokoh, sehingga sangat menunjukkan kejayaan peradaban Hindu di tanah Jawa.

Candi Prambanan Tampak Siang Hari




Candi Prambanan tampak Malam hari

sumber : objekwisata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar